Advertisement

Responsive Advertisement

sejarah tembakau

Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah sangat subur. Setiap tumbuhan yang ditanam di Indonesia banyak tumbuh lebih dirapada ditanam dinegara asal, seperti halnya tembakau, kopi, dan teh. Tembakau adalah tumbuhan yang daunnya digunakan untuk merokok. Kata tembakau memiliki asal kata tobacco yang merupakan serapan dari bahasa spanyol. Tumbuhan ini masuk dalam kelompok genus nicotiana. Adapun tembakau yang banyak diproduksi adalah dari jenis nicotina tabacum, dibeberapa tempat juga ada yang memproduksi tembakau dari jenis nicotina rustica. Kedua jenis tersebut memiliki bentuk daun yang berbeda, nicotina tabacum memilik bentuk daun oval, lonjong lanset dan melekat, sedangkan nikotina rustica memiliki bentuk bertangkai dan biasanya oval atau menjantung. 
Tembakau memiliki batang berwarna coklat kekuningan berbentuk silinder dengan lebar berkisar antara 0,5-5 cm. Batang tembakau dikelilingi serabut kelenjar yang lembap dan dapat mengeluarkan cairan kuning yang biasa disebut dengan nikotin. 
Tembakau bukanlah termasuk tumbuhan liar. Tumbuhan ini adalah tumbuhan herbal musiman yang hanya bisa dijumpai diperkebunan. Tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan yang sensitif terhadap cuaca, iklim, cara pengolahan dan juga tanah untuk menanamnya. 
Tembakau memiliki khas disetiap daerah dan bibit tertentu. Inilah kenapa nama tembakau banyak yang menggunakan nama daerah tertentu. Berikut beberapa nama tembakau yang banyak dikenal di Indonesia. 

Jenis-jenis Tembakau

1.Tembakau Gayo

Tembakau gayo berasal dari wilayah Indonesia bagian barat, yakni Aceh. Tembakau gayo atau bakong aceh ini memiliki cita rasa yang khas dan unik. Tembakau ini memiliki aroma seperti ganja ketika dihirup dan dikonsumsi dalam keadaan masih hijau. Oleh sebab itu, banyak orang mengatakan tembakau gayo adalah tembakau ganja. Meski begitu, tembakau ini tidak termasuk kedalam golongan ganja atau narkotika

2.Tembakau Temanggung

Tembakau Temanggung atau biasa disebut tembakau rajangan ini berasal dari Temanggung Jawa Tengah yang berada di bawah kaki gunung sumbing. Temanggung juga salah satu daerah yang menjadi penghasil tembakau terbesar di Indonesia

 3.Tembakau Darmawangi

Tidak berbeda dengan tembakau Temanggung, tembakau Darmawangi juga diambil dari nama daerah, yaitu desa Darmawangi yang berasal dari kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan sekaligus salah satu penghasil tembakau terbesar di Jawa Barat

 4.Tembakau Tambeng 

Tembakau tambeng ini berasal dari desa tambang emas, lubawang, Banyuglugur, Situbondo. Tembakau ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu memiliki rasa seperti madu. 

5.Tembakau Mole 

Tembakau mole merupakan tembakau yang diiris sangat tipis. Tembakau mole yang sangat terkenal rapi adalah mole yang berasal dari Sumedang. 

6.Tembakau Rasa 

Tembakau rasa adalah tembakau original yang diberi rasa, mulai dari rasa buah, minuman dan jenis lainnya. Tembakau rasa telah populer di Indonesia sejak beberapa waktu lalu. 

Posting Komentar

0 Komentar