Advertisement

Responsive Advertisement

mengenal nama tembakau di Indonesia

Tembakau atau biasa dijuluki emas hijau merupakan suatu komoditas yang banyak diburu dipasaran. Tembakau Indonesia salah satu tembakau yang banyak dicari dipasaran internasional karena memiliki  kualitas yang tinggi. selain itu, tembakau Indonesia juga memiliki cita rasa dan khas tertentu pada setiap daerah. Seperti halnya tembakau dari Temanggung akan berbeda dengan tembakau dari Sumedang, begitupun tembakau Sumedang akan berbeda dengan tembakau siluk dari Bantul. 
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui seperti apa perbedaan cita rasa dan kekhasan setiap tembakau dari setiap daerah. Mari kita ulas sedikit beberapa tembakau yang disediakan oleh kios dipawijaya tembakau berikut ini:
1.Tembakau Temanggung
Temanggung merupakan salah satu daerah penghasil tembakau yang tinggi. Temanggung juga dijuluki sebagai kota tembakau karena menjadi salah satu daerah yang menghasilkan tembakau terbanyak di Indonesia. Tembakau Temanggung memiliki cita rasa yang khas, yaitu beraroma wangi dan sedikit panas, sangat cocok ditempat yang dingin dan saat cuaca dingin. Namun, terkadang ada juga yang mencampurkan sedikit cengkeh untuk menghaluskan cita rasa dari tembakau tersebut
2.Tembakau Siluk
Tembakau Siluk pertama kali dikembangan di wilayah Imogiri, kabupaten Bantul Yogyakarta. Siluk sendiri diambil dari nama desa di Imogiri, Bantul. Tembakau ini memiliki cita rasa yang khas setelah diolah, yaitu berwarna merah kehitaman dan rasanya sedikit manis seperti wajik. 
3.Tembakau Ploso
Tembakau yang diambil dari pedukuhan Ploso, kelurahan Girikarto, kapanewon Purwosari, kabupaten Gunung Kidul juga menjadi salah satu tembakau yang disediakan di toko dipawijaya tembakau. Tembakau ini memiliki cita rasa yang halus dan beraroma gurih dan manis yang kuat. Ketika dihisap pun nyenggrak ditenggorokan meski tidak ditambahi dengan cengkeh. 
4.Tembakau Darmawangi
Tembakau darmawangi juga menjadi salah satu tembakau yang populer. Tembakau yang berasal dari sumedang Jawa Barat ini memiliki warna sedikit kekuningan atau keemasan. Rajangan tembakau darmawangi tergolong potongan lembut dan halus. Rasa dari tembakau ini juga ringan sehingga nyaman ditenggorokan. Tembakau ini sangat cocok untuk para pelinting pemula. 
5.Tembakau Taman Kursi
Tembakau yang berasal Besuki tepatnya dari desa Taman Kursi, Jawa Timur ini berwarna kecoklatan dengan rajangan yang halus menjadi salah satu tembakau yang banyak diminati karena memiliki aroma yang harum, rasa yang gurih dan ringan ditenggorokan.
6.Tembakau Mole
Tembakau mole merupakan tembakau yang berasal dari tanah sunda Jawa Barat. Tembakau ini dijual dalam bentuk lempengan dengan rajangan yang rapu tidak seperti tembakau yang lain yang menjual dalam bentuk rajangan dan dihitung dengan kiloan. Kata mole ini berasal dari bahasa Belanda yakni mooi yang memiliki arti indah, pastinya karena bentuk dan rasanya indah. 
7.Tembakau Mars Brand
Tembakau berwarna hitam identik dengan rasa yang nendang dan ampek. Namun, berbeda dengan tembakau mars brand, tembakau ini berwarna hitam dengan rajangan yang tipis dengan cita rasa yang halus dan sedikit nendang. Tembakau ini juga banyak digemari kalangan pemuda dan menengah keatas. 

Untuk mengetahui berbagai macam cita rasa tembakau lebih dalam, kalian bisa datang langsung ke kios Dipawijaya tembakau yang berada di kapanewon Temon, Kabuoaten Kulonprogo atau bisa buka digoogle map kalian untuk alamat lebih jelasnya. 



Posting Komentar

0 Komentar